Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan murid yang beragam, sehingga memberi keleluasaan pada murid untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat dan profil belajar murid. Pada pembelajaran berdiferensiasi, guru merancang kegiatan pembelajaran berdasarkan kebutuhan masing – masing murid. Dalam pembelajaran berdiferensiasi terdapat tiga komponen utama yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk.
Pada kesempatan ini, kelas 6 akan berbagi praktik baik dalam pembelajaran berdiferensiasi produk pada mata pelajaran IPAS materi Bagaimana Tubuh Kita Bergerak?.
Langkah pertama yaitu membentuk kelompok siswa berdasarkan tingkat kesiapan belajarnya. Kemudian menjelaskan materi mengenai rangka, dengan menggunakan menggunakan media pembelajaran torso rangka tubuh manusia. setelah ini siswa berdiskusi tentang permalahan yang telah diajuakan oleh guru. kemudian siswa menyusun hasil diskusi kedalam bentuk yang mereka minati seperti infografis, rangkuman, tabel, atau mindmap.
Kesepakatan kelas merupakan daftar peraturan yang dibuat bersama oleh guru dan siswa. Biasanya kesepakatan kelas dibuat pada hari pertama masuk kelas. Tujuannya yaitu agar proses pembelajaran di kelas bisa berjalan dengan tertib dan disiplin. Sehingga dapat tercipta lingkungan belajar yang positif dan kondusif.